PINTU ILMU: Taman Bacaan Anak di gang kami

Hari ini, 16 Agustus 2008.

Aku mewujudkan harapan yang telah lama tersimpan. Siang tadi, bersama-sama dengan anak sulungku, Zaky (10 th) dan murid-murid les Bahasa Inggrisnya, aku menata sebuah ruang kosong depan rumahmenjadi sebuah taman bacaan sederhana. Dengan tikar dan rak plastik berisi buku dan komik seadanya, aku ingin ada aktivitas membaca dan belajar di sana.

Taman bacaan ini kuberi nama Pintu Ilmu. Aku ingin ngalap berkah kepada Imam Ali kw, seperti sabda Rasulullah Muhammad SAAW, Ana madinatul ’ilm wa ’Aliyyun babuha, Akulah kota ilmu, dan Ali adalah pintunya.

Aku ingin empat anakku memulai terbentuknya komunitas belajar di lingkungan kami. Dengan cara sederhana inilah kusemai harapan demi harapan. Anak-anak perlu diajak care pada pendidikan mereka sendiri dan lingkungannya. Aku ingin menjaga perilaku cinta baca mereka, sekaligus memupuk semangat belajar dan berbagi dengan lingkungan sekitar.

Nah…kini tinggal melengkapi koleksi bacaan Pintu Ilmu. Setelah kuperhatikan, kebanyakan murid lesnya Zaky anak perempuan. Tanpa bermaksud sengaja, buku-buku bacaan yang kubeli untuk anak-anak nyaris semuanya khas laki-laki. Wah…aku harus segera ke Palasari nih untuk berburu buku-buku murah yang lebih feminin. Sebelumnya aku tak pernah berpikir untuk beli buku-buku princess atawa Barbie…

Perlahan, kami mulai bermain dengan Fun Math, Fun Science, Fun Mindmap, Fun Writing…. Tiap Sabtu dan Minggu adalah hari anak-anak berkumpul dan belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan.

Doaku, semoga Pintu Ilmu ini benar-benar bisa membuka semesta pengetahuan mereka.

Advertisements

One thought on “PINTU ILMU: Taman Bacaan Anak di gang kami

  1. Pingback: the Moore Formula atau Zaky Formula? « annafaridaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s