Fun-Tastic String Ensemble: Komunitas biola anak & remaja di Bandung

Zaky bareng FSE di acara Musik Sore Tobucil

Zaky bareng FSE di acara Musik Sore Tobucil

Fun-Tastic String Ensemble: Latihan biola bareng di Bandung. Dengan berkembangnya tren pendidikan musik (klasik) untuk anak di tanah air, rasanya perlu ada sebuah wadah yang menyatukan bakat-bakat belia ini dalam sebuah komunitas.

Mengapa komunitas? Tidakkah kursus saja cukup? Lazimnya kursus musik diselenggarakan secara privat. Dalam durasi setengah jam, murid belajar di dalam ruang tertutup dan segera pulang, karena sang guru langsung menyambut murid berikutnya. Interaksi antar murid sangat minim. Latihan bersama hanya dilakukan menjelang konser siswa, sesudah itu kembali ke ritme semula: berlatih terpisah.

Berlatih musik bersama sangat penting, khususnya bagi anak-anak. Selain main bareng, mereka bisa berbagi pengalaman dan saling menyemangati. Apalagi jika mereka berasal dari berbagai tingkat kemampuan dan usia, berbagai macam alat dan genre musik.

Sebagai langkah awal, sebuah sekolah musik bernama Swara Harmony mencetuskan terobosan unik dengan membentuk Fun-tastic String Ensemble. (Komunitas) ensemble alat musik gesek ini didirikan oleh Hasworo dan Carolina S. Yana pada tahun 2004. Anggotanya adalah pemain biola dan cello anak-anak usia 8-15 tahun, mulai dari yang baru belajar hingga yang sudah mahir (keanggotaan terbuka bagi siswa Swara Harmony maupun bukan).

Walaupun usia para personelnya relatif muda, FSE telah tampil dalam berbagai acara di Istana Plaza, Cihampelas walk, Bandung Supermall, Hyper Square Convention Centre, Auditorium CCF Bandung, dll. Beberapa anggota FSE telah lulus Ujian ABRSM dengan predikat distinction dan diundang dalam National High Scorer Concert.

Dengan iuran bulanan sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah), anak-anak dan remaja bisa ikut berlatih. FSE rutin berlatih di Swara Harmony, Paskal Hyper Square B 26 Bandung, setiap hari Jumat pukul 18.30-20.00 WIB. Untuk informasi, hubungi Kak Anna di 022-86060626. Namanya sama denganku. Bedanya, dia bisa main biola, aku bisa nentengnya hehe…

Simak video konsernya di youtube FSE. Kunjungi Facebook Swara Harmony dan Fun-Tastic String Ensemble

Advertisements

21 thoughts on “Fun-Tastic String Ensemble: Komunitas biola anak & remaja di Bandung

  1. Perkenalan. Nama saya arpan. Saya seorang instruktur biola/viola di kabupaten siak prov riau. Saya ingin bertukar apresiasi dgn kelompok string disana. Disini kita udh punya klompok string anak2 sebanyak 50 org yg udah kita latih dari nol selama 6 bln. Saya mau nanya atau ingin ikut event2 yg diadakan. Mohon undangannya.

  2. Asik sekali yaa…bnyk juga anak didiknya. Untuk sharing & undangan, Bung Arpan bisa langsung kontak Swara Harmony atau FSE. Komentar ini akan saya teruskan ke ybs. Anak saya ikut latihan di FSE πŸ™‚ Salam stringers u/ murid2nya yaaa….

  3. Salam kenal mbak Anna, saya kebetulan penikmat seni. Anak saya kebetulan yang main biola. wah salut dengan pembentukan komunitas FSE. Jika saja setiap kota memiliki komunitas seperti ini tentu akan sangat menarik. Moga-moga Zaky semangat terus berlatih…, silakan mbak bergabung juga dengan Komunitas Taman Suropati Chamber di Facebook.

  4. salam kenal u/ (mas/mbak) alan, mas agung, mbak Tia. Makasih infonya, saya dah gabung dengan fb taman suropati. Mbak Tia kynya bisa koq lat di FSE, aku pernah lihat ada jg yg dewasa ikutan πŸ™‚

  5. Salam kenal…sy newbie niy kebetulan putri sy (3thn 9bln) baru aja ikutan belajar biola setelah 3 bulan merengek terus minta belajar biola. krn ga ngerti apa2 soal musik (apalg biola) & sbg orgtua sy & suami pingin bgt bs mendukung sepenuhnya minat besar putri kecil kami. mohon infonya klo ada komunitas terdekat yg bs putri kami ikuti. kami tinggal di Probolinggo – Jawa Timur. sbg info di probolinggo sekolah musik sgt minim & hanya 1 sekolah musik saja yg ada mengajarkan biola (yg ketemu setelah cari sana sini) dan itupun hanya 1 tutornya…jadi sy tdk pny pilihan lain. untung saja murid biolanya sedikit & tutornya terlihat ok mengajarnya (menurut sy) krn putri sy terlihat senang & antusias jg mudah menerima apa yg diajarkan. thx buat infonya

    • Umminya Naya, informasi komunitas di Jatim saya kurang tahu, coba tanya ke milis Komunitas Gemar Biola di yahoogroups.
      Salam untuk Naya yaaaa….

  6. Salam kenal mba Anna…sy ibu dr 2 putra yg juga pemain biola, kebetulan ayahnya juga instruktur biola di sekolah musik Y2K Bekasi…3 thn yg lalu…ank saya Irfan aktif di komunitas taman suropati chamber..sekarng ank2 n ayahnya hanya suka main bareng di rumah aja…boleh ga ya kalo ada event kami diajak main…mohon maaf krn ga bisa gabung stiap minggu…maklum jauh..thx banget mba…Salam untuk kluarga ya…

    • Salam kenal, Mbak Surya… Wah pasti anak-anak FSE senang bertemu dengan teman dari Bekasi. Kami sering main di berbagai acara, Mbak. Yang terdekat adalah tanggal 5 Mei 2012 di seminar dokter tentang Lupus. Jika kebetulan berakhir pekan, ditunggu di Swara Harmony, hubungi Ibu Carolina S Yana– beliau pelatihnya.
      Salam untuk Irfan, salam juga untuk keluarga πŸ™‚

  7. makasih mbak untuk infonya. kebetulan saya lagi ingin belajar biola tapi umur saya 15 tahun sekarang ini. masih bisa ikut kah? terus pendaftarannya bagaimana?

  8. Pingback: Malaikat Bersayap Satu itu Menghibur, Melintas Batas… | Anna Farida

  9. mbak saya juga baru belajar biola πŸ™‚ tapi udah 3 bulan cuma bisa megang sama belajar nada aja.
    geseknya masih salah. bisa ikut latihan??? tapi saya umurnya udah 25 tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s