MESIN PEMUTAR WAKTU

MESIN PEMUTAR WAKTU

Tanpa disangka, suatu hari seorang kawan berbicara tentang mesin pemutar waktu. Senyumku mengembang tanpa tertahan. Mungkin menjadi orangtua membuat orang dewasa pun berfantasi. Mendadak aku juga berpikir, andai mesin semacam itu memang ada dan benar-benar berfungsi, apa yang akan kulakukan? Hingga beberapa hari sesudahnya, sesekali aku masih berpikir, kurun waktu mana, ya, yang hendak kukunjungi pertama kali. Wah, semakin direnungkan, ternyata banyak kesalahan yang ingin kuperbaiki, banyak yang sebenarnya ingin kulakukan namun tak kesampaian.

Tunggu…

Jika aku berhasil kembali ke masa lalu, kemudian bisa mengubah apa yang dulu pernah terjadi, apakah kehidupanku di masa kini juga bakal seperti ini? Sebagai anak, aku pernah membuat ibuku sedih dan menangis begitu rupa, pun pernah membuatnya bersyukur sepenuh hati. Jika hal membuatnya menangis kuhapus dari rangkaian perjalanan hidupku…. akankah dia bersyukur dan bahagia kini? Akankah aku bahagia?

Sebagai pribadi, kadang kubertanya, kesalahan langkah apa yang bakal kuhindari dan kuganti, jika aku kembali ke masa lalu. Sekolah macam apa yang seharusnya kupilih, kota manakah yang bakal kukunjungi? Organisasi apa yang perlu kuikuti? Pekerjaan apa yang seharusnya kutekuni? Prinsip hidup yang mana yang kuputuskan untuk kuyakini?

Sebagai manusia, banyak salahku. Sebagai istri, aku banyak bersalah pada suami. Sebagai ibu, dalam sebelas tahun terakhir, sudah bertumpuk dosaku pada anak-anakku. Aku punya banyak alpa terhadap tetanggaku, kawan-kawanku, guru anak-anakku, kerabatku…. Semoga semua memaafkanku.

Tapi tunggu lagi…

Mengapa masa lalu seolah berarti kesalahan? Kalau ada ungkapan semacam ”semua orang punya masa lalu,” maka makna implisitnya negatif.  Bagiku tidak.

Aku lebih memilih untuk bersyukur atas masa laluku—yang mengecewakan maupun yang membahagiakan, bersyukur atas masa kiniku, dan berdoa untuk masa depanku. Masa kini adalah berkah atas salah dan benarku di masa lalu.

So, jika ada mesin pemutar waktu, apa yang hendak kau lakukan?

Advertisements

14 thoughts on “MESIN PEMUTAR WAKTU

  1. ada yang bilang masa lalu itu adalah “past”, sudah pasti lewat, masa depan adalah “future” yang tidak bisa kita perkirakan sepenuhnya, sedangkan hari ini adalah “present” , hadiah bagi kita…
    saya memilih mesin waktu yang hanya bisa dilihat untuk dikenang, tapi tidak bisa didelete ataupun diedit untuk “hadiah” saya hari ini, salam buat matahari2 ibu….

    • betul sekali bu, hari ini memang hadiah bagi kita. Masa lalu jadi pengalaman, dan masa depan? Que sera sera 🙂

  2. masa lalu, masa sekarang dan masa depan adalah benang panjang yang akan berakhir pada satu titik yaitu kematian, rangkaian benang panjang tersebut akan menjadi rangkaian cerita yang sangat elok untuk dikenang, kalau kita mampu membuat makna dari setiap inci benang panjang tersebut, mudah-mudahan benang tersebut bisa tetap lurus, tidak kusut bahkan tidak berbelok arah

  3. Kalo bisa kembali ke masa lalu,, akan aku rubah sifat2 yang dulu pernah jadi rusak..
    dan lebih berusaha menikmati kehidupan….

  4. ingin kembali ke 2009 . seandainya bisa kembali ke 2009 gue kasih tau semua yg terjadi di masa depan . tsunami jepang. dll. kalau ada yg punya pemutar waktu / mesin waktu toloong pinjemkan !!!! pliiiiisss

  5. ohhh indahnya masa lalu ku.. masa dimana pengantar ku untuk menjadi bijak dimasa kini, dan kini menjadi tantangan ku untuk masa depan. gua bersukur udah menikmati permainan anak2 sederhana di masa lalu. yang jadi acuan buat lebih kritis sama permainan anak2 jaman sekarang. andai ada mesin waktu, pengen liat waktu umur 4 tahun lagi. :3

  6. Aku pengen bgt klo mmg bnerr2 ada mesin pmutar waktu aku mw kmbli di tahun 2014 lagii karna semua kenangan paling indah dalam hhdupku cuma ditahun itu mkny ak pngen bgt ngylang smua itt sumpah !! Seandainy aja doraemon itu nyata dan benar2 ada dikehidupan aku bkan minta sma dia mesin pmutar waktuu:’)

  7. Aku pengen bgt kembali ke tahun 2014 aku pengen mengulang dan mmprbaiki smua apa yk tlahh trjadi saat itu dan aku pngen ngulang masa2 bahagia ku dan saat terindah ku di tahun itu bnyk knangan indah yk nda prnh bsa kulupa seandainy mesin waktu itu btul2 ada sumpah aku pngen bgt sumpah ya allah;’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s