Online dan Offline: Fisik!

kenal offline kue offline

kenal online kue offline

Aku bekerja di rumah. Sejak mengenal internet, pekerjaanku jadi semakin mudah. Naskah melayang ke penerbit atau klien melalui email, sedangkan royalti atau honorku dibayar melalui transfer antar rekening.

Sebagai penerjemah, kebanyakan klienku tak pernah kutemui secara fisik.

Sebagai penulis, kebanyakan editor dan ilustratorku tak pernah kutemui secara fisik.

Sebagai editor, kebanyakan penulis naskah yang kusunting tak pernah kutemui secara fisik.

Kini, aku juga menjadi guru tamu di sebuah sekolah.

Teman-teman guruku dari luar kota atau luar Jawa kebanyakan tak pernah kutemui secara fisik

Teman-teman guruku yang dari luar negeri tak pernah kutemui secara fisik.

Aku juga Fesbukan, Twitteran, giat di Second Life

Ajaib, aku punya banyak sekali teman dekat, bisa bercanda, curhat, saling ledek…

Dan, kebanyakan teman virtualku itu, tak pernah kutemui secara fisik.

TAPI

dari yang online itu,

Aku memperoleh uang fisik, asli bisa buat belanja di warung sebelah rumah

Aku bisa minta tolong teman-teman virtual untuk mengajariku banyak hal, membuatku tersenyum, fisik.

Aku memperoleh pertemanan yang membuatku tertawa (benar-benar dengan mulutku, fisik)

Aku dan mereka saling curhat, kadang sampai merebaklah air mata, fisik juga.

Kadang,

Aku dan teman offline-ku, bisa lebih banyak berbincang saat kami online

DAN

Aku pernah dapat kiriman VCD pendidikan, bibit bunga, buku… fisik.

Hari ini, dari teman online-ku, aku dapat dua loyang kue, fisik!

Kiriman kue itu membuatku ingin berterima kasih kepada semua teman virtualku. Kehadiran kalian itu sungguh nyata!

Sekali lagi, terima kasih setulusnya. Kehadiran online kalian membuat hatiku terasa hangat (fisik!)

11 thoughts on “Online dan Offline: Fisik!

  1. Pingback: Kelompok Rahasia Paling Indonesia « Anna Farida

Leave a Reply

