Catatan Rindu

Shadow Diver

Shadow Diver

Ketika beres-beres rak buku—yang nggak pernah beres—aku menemukan dua lembar kertas di dalam kamus tua. Keduanya terlipat, nyaris lengket, tintanya mulai berbaur antara dua sisi yang semua kutulisi.

Aku meringis membaca isinya: definisi dari aneka istilah kapal selam.

Ternyata, kertas itu peninggalan dari pekerjaan terjemahan Shadow Diver, tahun 2004. Saat itu akses internet di rumah masih belum semudah sekarang. Pilihanku hanya warnet atau Telkomnet Instan yang mahal dan lelet itu hehe…

Jadi, Googling di rumah sama sekali bukan pilihan yang sangkil dan mangkus—Aha! Akhirnya aku dapat kesempatan memakai dua kata itu.

Ke warnet aku juga merasa tidak nyaman.

Pilihanku tentu perpustakaan.

Segera kubaca cepat naskah terjemahanku sambil mencatat semua istilah yang tidak kutemukan di kamus. Dan mulailah aku membongkar ensiklopedi di perpustakaan daerah.

Aku melakukannya selama nyaris seminggu, sesekali sambil membawa anak-anak.

Sama sekali tidak ada rasa berat. Santai saja.

Delapan tahun kemudian….

Nggak kebayang aku melakukannya lagi.

Boro-boro berkunjung ke perpustakaan, buka kamus cetak pun hanya kulakukan  ketika koneksi internet mati mendadak. Kamus daring terasa lebih praktis karena mejaku tak perlu penuh dengan aneka kamus. Definisi kata apa pun bisa kutemukan tanpa harus beranjak dari meja. Perpustakaan daring dari berbagai kampus kelas dunia bermurah hati memberikan akses gratis dan praktis.

Jelas, dong, aku merasa sangat terbantu. I’m a Goog-Mom, remember?

Tapi…

Saat memandangi catatan yang berdesakan, memenuhi setiap sisinya

Di hatiku terselip rindu.

2 thoughts on “Catatan Rindu

Leave a Reply

