SURAT CINTA QOSIMA

img_20160913_075637Saya penulis buku parenting, sesekali jadi narasumber pelatihan keluarga, tapi bukan ibu yang selalu keren. Empat anak saya adalah saksi ahli sekaligus saksi korban saat saya jatuh bangun belajar jadi ibu. Delapan belas tahun sungguh belum apa-apa, tapi saya masih saja dapat hadiah demi hadiah yang bikin panas mata.

Sering saya dengar mereka saling berkata, “Ibu kita baik, ya“ atau “Ibu, you are my saviour“ atau “Please bilang nggak boleh, Bu. Biar Kakak nggak usah pergi malam-malam gini ke kampus“ 😀 atau “Susah, lho, Pak, dapat istri kayak Ibu“, padahal saya sering bikin mereka jengkel. Padahal keluhan saya pada mereka bisa bermeter-meter setiap harinya. Saya sering malu saat saya yang lepas kendali dan merekalah yang buru-buru minta maaf #tutupmuka

Jadi, sebenarnya anak-anak saya itulah, yang membuat saya jadi baik. Mereka segera melupakan kealpaan saya, kerewelan saya, ketidakhadiran saya; mereka segera menggantikan cela saya dengan cinta.

Saya belum jadi ibu yang ideal, tapi semoga anak-anak tahu bahwa saya ini pembelajar.

Anak-anak saya biasa menyelipkan pesan-pesan cinta. Saya lebih sering membalasnya dengan pelukan daripada pesan yang sama — ini harus diperbaiki. Gimana, sih, Bu Anna?

Pagi ini, ketika sebagian urusan rumah selesai, saya buka laptop.

Di dalamnya ada tiga lembar kertas, dua terlipat.

Adegan selanjutnya adalah air mata 🙂

 

Ini surat kesekian dari putri bungsu saya, Qosima Luthfa Anvari (9). Saya salin apa adanya, maafkan kesalahan tata bahasanya.

 

img_20160913_075821❤ For Mom ❤

Mom, Monday is the greatest (sorry if I spell it wrong) day ever. Because I’m not go to school. I think because Idul Adha. So if I wrong, tell me, ok? 🙂

❤ ❤ ❤ ❤

Mom, if you see about the M“, That “M“ is different, right? That because you are special to me 🙂

I love you more than anyone because you are my mom.

This is a song for you 🙂

 

I love you“, by ***** for my lovely mom

You are my mom

Who protected me

And taking care of me

When I was child and when I grow

You gave name full of love to me

You gave me meals and gave me other

You prayed for me to keep healthy

And you give friend for me

And thats why I love you – 2 X

I LOVE YOU

 

PS: Maaf, harusnya kemarin-kemarin ngasihnya 🙂

 

Ini surat yang kedua. Saya tidak tahu apa makna 11 September 2016.img_20160913_075923

 

Dear Mom,

Mom, you should know that the “things“ I give you that should be given yesterday or 11/9/2016 Sunday. That song I want sing for you buuuut …..

Anyway, just like in the song. Thank you so much because you are growing me from im child until i grow bigger. You give me meal and other. If I get sick you taking care of me, give  me some medicine, helping me to eat and other. Thank you so much mom. My lovely mom.

❤ ❤ ❤ ❤

Here the song again

Thank You Mom

Oh, my mom saving me from dangerous

I can’t do anything for her

What i can do just saying …

Thank You 2x

 

Mom giving me a present

And something surprising me

I don’t have any surprise for her

What i can do is just saying

Thank You 2x

——–

In the song

Ps:

Is okay my daughter

If you are okay

I’ll happy too

Because you are my daughter

———

From your litlle daughter.

 

Ada kalanya saya merasa tidak sukses jadi ibu sebagaimana yang saya ajarkan kepada ibu-ibu lain, seperti yang saya tuliskan di buku.

Walaupun begitu, selalu ada penguatan dari anak-anak.

Mereka saya besarkan dengan kemauan belajar dan permintaan maaf selalu.

Salam takzim,

Anna Farida

http://www.annafarida.com

 

 

 

Leave a Reply

