HOW TO SAY “I LOVE YOU”

Salam sehati, Bapak Ibu. Ini kulwap yang ke-144, kita akan bahas lebih detail materi yang kita bahas beberapa minggu lalu tentang self esteem.

Btw, ternyata kita pernah bahas di kulwap-11 tentang self esteem—ketika tema ini diusulkan lagi, pertanda apakah itu? Ehehe 😀

 

Salah satu cara meningkatkan self esteem dalam pernikahan adalah saling menyatakan cinta pada pasangan.

Sebenarnya, kata para ahli percintaan—halah—cara yang terbaik untuk menyatakan cinta pada pasangan itu biasanya sederhana. Dalam tindakan sehari-hari, kita bisa menyatakan cinta dalam ucapan dan tindakan sehari-hari.

Sekarang sedang musim hujan dan kita bilang ke pasangan “ingat bawa payung” atau kita siapkan payung dan jas hujan di kendaraannya, itu tanda cinta.

Kadang, kita maknai perbuatan itu sebagai hal biasa. Padahal, jika kita tambahkan sedikit saja aspek “amor” di dalamnya, yang sederhana bisa jadi bermakna. Aspek yang saya maksud adalah bilang I love you, senyum, sentuh.

Ketiganya boleh dipilih salah satu atau dilakukan semua, tapi takar-takar, ya, porsinya. Tar malah batal kerja kan berabe juga ahahah.

Isyarat cinta yang kita peroleh dari pasangan akan membangun self esteem secara signifikan, dan pada gilirannya akan membuat kesehatan pernikahan terjaga.

Isyarat lain yang bisa dipilih dan dicoba sesuai dengan kekhasan pasutri. Ada yang ekspresif dan bisa bilang ai lop yu setiap saat, ada yang nunggu atap bocor dulu baru bisa bilang.

Sekarang kita dimudahkan oleh media chat dengan berbagai emoticon. Ungkapan cinta bisa diwakili olehnya. Sambil belajar ngomong juga, lho, yaaa. Walau menurut teori komunikasi ungkapan verbal itu porsinya sekian persen lebih sedikit daripada  ungkapan nonverbal dalam menyampaikan pesan, tapi yang sekian persen itu penting.

Intinya adalah, pastikan pasangan mendapatkan isyarat yang nyata bahwa dia dicintai—dari sini self esteem terjaga.

Pilihan lainnya bisa berupa aksi. Lakukan kegiatan bersama, seremeh apa pun. Pilih kegiatan yang bisa membuat Anda bekerja sama dengan pasangan, bukan saling cakar 😀 😀

Misalnya, yang satu senang bongkar-bongkar dan yang satu sangat hobi membereskannya—nah ini khayalan tingkat tinggi saya.

Lakukan hal yang sederhana saja, dalam waktu yang singkat saja. Bikin sambal berdua, misalnya. Waktunya singkat, mengerjakannya relatif mudah—masalah enak atau tidak itu urusan lain. It’s about being together.

Ungkapkan di hadapan anak-anak atau anggota keluarga yang lain.

Bilang sayang, “flirt”, saling goda, saling ekspresikan cinta di hadapan anggota keluarga itu penting untuk self esteem. Anak-anak yang menyaksikan ayah ibunya saling sayang juga akan mendapatkan rasa aman—dan ini penting bagi tumbuh kembang mereka.

Jika Anda punya hobi eksis narsis di media sosial (seperti siapa, yaaa?) sesekali mengungkapkan cinta pada pasangan pada dunia pun sah saja—sudah zamannya. Meski demikian, jika Anda memilih tidak menjadikan ungkapan cinta itu sebagai konsumsi publik, dan menjadikannya milik berdua dan keluarga, itu pun sah adanya.

Masing-masing pasangan kan punya gaya.

Last but not least, doakan dia.

Yang punya cinta itu kan yang Mahacinta. Dalam kondisi tertentu, kita harus berjuang (keras) meraihnya dan mempertahankannya. Saat upaya manusia tak jua sampai, mari minta kepada-Nya, Zat yang Mahakasih.

#ustazahmodeon #kabursajaah  😀

 

Kulwap ini disponsori oleh buku “Parenting with Heart” dan “Marriage with Heart” karya Elia Daryati dan Anna Farida.

Sudah punya bukunya?

Sudah share ebook “Bincang Pengasuhan” dan “Bincang Pernikahan?

https://books.google.co.id/books/about/Bincang_Pengasuhan.html?id=lQBvDwAAQBAJ&redir_esc=y

https://books.google.co.id/books/about/Bincang_Pernikahan.html?id=jQBvDwAAQBAJ&redir_esc=y

 

 

Salam takzim,

Anna Farida
www.annafarida.com
Everything seems impossible until it’s done (Nelson Mandela)

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s